Peralatan yang harus dibawa saat Naik Gunung untuk Pemula beserta Harganya

Peralatan naik gunung

Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak gunung, baik masih aktif maupun nonaktif. Dipuncak gunung sangat indah pemandangannya, dan juga beberapa gunung terdapat kawah. Sehingga tak jarang banyak orang naik gunung atau mendaki untuk menikmati hal tersebut.

Mendaki gunung adalah hal yang memacu adrenalin, terutama bagi pemula yang baru pertama mendaki. Di Indonesia sendiri banyak gunung yang direkomendasikan bagi pendaki yang masih awam. Contohnya di Jawa Tengah sendiri yaitu Gunung Andong, di Jawa Barat yaitu Gunung Putri dan masih banyak yang lain.

Bagi pemula yang akan mendaki gunung atau hiking pasti banyak yang belum diketahui. Seperti peralatan apa yang harus dibawa dan dipakai. Gunanya untuk memudahkan kalian saat di perjalanan nanti. Beberapa ini peralatan yang harus dimiliki.

Peralatan yang harus dibawa saat Naik Gunung untuk Pemula

1. Sepatu Hiking/Sepatu Gunung

Sepatu Hiking/Sepatu Gunung
Sumber: instagram.com/p/CYT31jwPCJy/

Sepatu adalah hal yang paling penting saat mendaki, berguna untuk melindungi kaki dari medan yang tidak menentu dan untuk mencengkram medan yang terkadang berbatu. Pakailah sepatu yang nyaman saat digunakan untuk menompang pergelangan kaki kalian. Untuk harga sepatu gunung berkisaran di Rp. 120.000 sampai Rp. 300.000 untuk yang paling murah.

2. Tas Gunung/Ransel

Tas Gunung/Ransel
Sumber: instagram.com/p/CYT0xZ5vdld/

Tas berguna untuk membawa barang keperluan mendaki seperti membawa tenda. Pakailah tas yang dapat menampung banyak barang tetapi tidak makan tempat yang banyak. Pakailah tas yang memakai bahan tahan air dan berwarna cerah agar tetap terlihat ketika berada di gunung. Kisaran harga tas gunung sendiri paling murah ialah Rp. 150.000 sampai Rp.300.000.

3. Senter

Senter
Sumber: instagram.com/p/CYI-TFdLTqR/

Ketika malam hari di hutan tidak dapat melihat cahaya apapun, diperlukan senter untuk menerangi perjalanan kalian atau sebagai penerangan tenda. Gunakanlah senter yang agak terang dengan baterai yang besar. Kalian juga perlu membawa baterai cadangan untuk berjaga-jaga. Harga baterai sendiri tergolong murah di kisaran 50 ribuan saja.

4. Sleeping Bag

Sleeping Bag
Sumber: instagram.com/p/CYScArcIfau/

Suhu udara di gunung apalagi ketika malam hari itu sangat dingin, diperlukan Sleeping Bag agak tidur kalian nyaman dan hangat. Walaupun memakai tenda perlu juga membawa ini karena cuaca digunung tidaklah menentu. Dibutuhkan sekitar 70 ribuan saja untuk membeli ini di took online.

5. Pakaian

pakaian hangat
Sumber: instagram.com/p/CX5B3y5vxfq/

Semakin tinggi suatu tempat semakin dingin pula tempatnya ketika sedang naik gunung. Diperlukan pakaian yang tebal untuk menghangatkan kalian seperti jaket, hodie atau sweater. Pakailah juga kaus kaki agar kaki juga merasa hangat. Bawa juga pakaian cadangan untuk digunakan sewaktu-waktu. Kisaran harga yang diperlukan untuk membeli jakert dengan bahan bagus sekitar Rp. 150.000

6. Makanan atau Minuman

Disaat mendaki, dibutuhkan banyak tenaga ekstra, sehingga diperlukan makanan atau minuman untuk memberikan tenaga kepada kalian. Bawalah makanan yang dapat langsung dimakan atau makanan instant seperti mie. Sesuaikan makanan sesuai dengan berapa lama kalian mendaki sehingga tidak memakan tempat ransel. Harga makanan minuman sekitar Rp. 10.000 menyesuaikan harga di daerah kalian.

7. Kompor Kecil

Kompor kecil atau portable
Sumber: instagram.com/p/CYSzd7zpnj9/

Kompor digunakan untuk memasak makanan yang telah kalian bawa dan juga untuk menghangatkan badan. Bawalah kompor dengan desain mini sehingga mudah dibawa atau disebut juga kompor portable. Kompor mini tersedia di took online mulai dari Rp. 50.000.

8. Peralatan Serba Guna

Peralatan serbaguna meliputi pisau lipat, kompas, korek api, dan kalian juga perlu membawa peluit. Mengapa harus membawa peluit? Peluit sendiri berguna ketika tersesat, digunakan untuk memberikan aba-aba ke rekan kalian.

Ketika peralatan hiking dibawa sesuai kebutuhan, maka perjalanan mendaki kalian akan menjadi lebih aman dan terasa menyenangkan. Periksalah apa saja yang dibawa ketika akan berangkat sehingga tidak ada barang penting yang tertinggal. Bawalah juga P3K untuk keperluan medis jika terjadi apa-apa. Pastikan juga kalian siap secara fisik saat akan mendaki.

Next Post Previous Post