Rekomendasi Tempat Wisata di Sumatera Utara yang paling Menarik di Tahun 2022

Tempat Wisata di Sumatera Utara

Potensi wisata di provinsi Sumatera Utara memang tidak diragukan lagi. Keindahan yang disajikan membuat kita yang melihat berdecak kagum. Dengan daya tarik tersendiri di setiap tempat wisata membuatnya menarik untuk dikunjungi.

Bagi siapapun yang mulai jenuh dengan kehidupan, atau merasa pusing dengan aktivitas biasa-biasa saja. Alangkah baiknya mencari sedikit refreshing dengan berwisata ke tempat yang lagi hits di Sumut ini. Kalian dapat memnemukan wisata seperti alam, budaya, sejarah dan tempat yang belum diketahui. Nah beberapa tempat ini sangat cocok untuk kalian liburan walaupun disaat pandemi.


Rekomendasi Tempat Wisata di Sumatera Utara yang paling Menarik di Tahun 2022

1. Danau Toba

Danau Toba
Sumber: Pixabay

Siapasih yang tidak kenal Danau Toba? Danau ini terkenal karena cerita rakyatnya yang dikenal oleh anak-anak pada saat masih kecil. Tempat ini merupakan danau terluas di Asia Tenggara. Banyak daya tarik disini misalnya menaiki perahu mengelilingi danau, melihat pulau samosir, berkemah maupun bersepeda di sekitar danau ini. Untuk lokasinya sendiri berada di kabupaten Toba Samosir.

2. Istana Maimun

Istana Maimun
Sumber: Flickr

Istana Maimun merupakan salah satu tujuan wisata sejarah di Kota Medan, Sumatera Utara. Tempat ini menjadi tujuan destinasi karena bangunannya cukup kuno dan juga desain interior yang unik dengan perpaduan gaya Islam, Melayu, Spanyol, Belanda dan Italia.

Tepat pada tahun 1888 pada zaman kesultanan Deli, istana ini didirikan dan sejak saat itu pula masih aktif sampai sekarang. Bangunannya juga masih sangat orisinil tidak ada yang berubah. Kini telah menjadi tujuan wisata turis lokal maupunluar negeri.

3. Graha Maria Annai Velangkanni

Graha Maria Annai Velangkanni
Sumber: instagram.com/p/B1aQ3-bAMZg/

Salah satu tujuan wisata religi di Sumut adalah Graha Maria Annai Velangkanni, bagi umat Kristiani. Bukan saja sebagai rumah peribadatan, tempat ini juga menjadi lokasi favorit turis di Medan. Desain bangunan yang unuk dengan relief yang menawan membuat siapa saja yang milhat tertarik kesini.

Tempat ini juga dikenal di India dengan Bunda penyembuh yang dibangun oleh keuskupan agung Indonesia. D bangun pada tahun 2001 dan di buka pada tahun 2005.

4. Air Terjun Sipiso Piso

Air Terjun Sipiso Piso
Sumber: instagram.com/p/CYBfQuZoWFy/
Selain terkenal dengan wisata danaunya, air terjun disumut juga tidak kalah menarik. Air Terjun Sipiso Piso itulah namanya, yang berlokasi di kecamatan Merek Kabupaten Karo. Tidak kalah mempesonannya dibandi dengan danau Toba, air terjun ini menawarkan air terjun yang jatuh dai puncak sesuai namanya yaitu Sipiso-piso. Ketika menuju kesini kalian harus berjalan kaki dan katanya terdapat 500 anak tangga yang harus dilewati. Terdapat juga gardu pandang yang menjadi spot favorit untuk melihat air terjun ini berserta danau Toba.

5. Tjong A Fie Mansion

Tjong A Fie Mansion
Sumber: Maxpixel

Tjong A Fie Mansion merupakan sebuah icon unik di kota Medan. Dahulunya merupakan milik saudagar kaya yang berasal dari China yang sekarang menjadi museum cagar budaya. Mansion ini sangat dikagumi bangunannya karena bergaya art deco dengan kombinasi budaya China dengan Eropa nan indah. Rumah ini juga merupakan rumah seorang pendiri kota Medan. 

6. Masjid Raya Medan

Masjid Raya Medan
Sumber: instagram.com/p/CXlSyHGv3ov/

Masjid Raya Medan adalah Masjid yang selesai dibangun pada tahun 1909 ini sangat ditujukan pada umat Muslim yang akan melakukan wisata religi. Dikenal juga sebagai saksi sejarah yang panjang penyerangan Belanda. Gaya arsitekturnya  terinspirasi khas dari Timur Tengah. Nama lain masjid ini adlah Masjid Raya Al-Mashun, walaupun sudah berusia satu abad tetapi masih terjaga keasliannya.

7. Taman Hewan Pematang Siantar

Taman Hewan Pematang Siantar
Sumber: instagram.com/p/CO1cEaNhokP/

Taman Hewan Pematang Siantar merupakan tempat yang cocok untul berekreasi bersama keluarga. Anak-anak dapat dikenalkan hewan disini karen terbilang cukup lengkap. Merupakan kebun binatang tertua di Indonesia memiliki lebih dari 150 spesies hewan. Daya tarik tersendiri ialah terdapat museum yang berisi hewan-hewan yang sudah diawetkan.

8. Pantai Bali Lestari

Pantai Bali Lestari
Sumber: instagram.com/p/CYG-d1FBaXo/

Tidak lengkap rasanya jika liburan tetati tidak kepantai, di Sumatera ini terdapat Pantai Bali Lestari, pantai ini terbilang cukup bersih dan banyak permainan. Sesuai namanya pantai ini ciri khasnya seperti di Pulau Dewata Bali. Sayangnya airnya agak keruh sehingga tidak nyaman untuk berenang.

Masih banyak wisata lain di Sumatera Utara, mulai dari yang ramai samapai yang jarang diketahui. PuasWisata hanya merekomendasikan beberapa yang menarik di tahun 2022 ini. Dan ketika liburan dimasa pandemic ini selualu ingat protocol kesehatan yang berlaku di tempat wisata tersebut ya.

Next Post Previous Post