Pesona Wisata Pantai Menganti Kebumen, Harga Tiket, Daya Tarik dan Lokasinya

Wisata Pantai Menganti Kebumen

Ketika kalian sedang berada di Jawa Tengah, tidak ada salahnya untuk mengunjungi Pantai Menganti. Pantai Menganti merupakan salah satu pantai terbaik dan terindah daripada pantai yang lain. Keunikan sendiri pantai ini adalah pasirnya yang berwarna putih padahal mayoritas pantai di pulau jawa pasirnya berwarna hitam. Keindahan lainnya yaitu pantai ini merupakan tempat terbaik untuk melihat matahari terbenam atau sunset. Banyak pengunjung mengabadikan momen ini ketika sore hari menjelang malam.

Berfoto ataupun sekedar santai melihat matahari terbenam merupakan momen yang sangat indah. Bukan cuma itu saja, tempat ini khas dengan tebing karst nan indah, karst sendiri merupakan batu kapur juga menjelang di sekitar bibir pantai karena terkena abrasi. Di sepanjang pantai terdapat juga perbukitan yang berjejer yang dilengkapi saung untuk melihat debur ombak yang sangat alami.

Harga Tiket Masuk dan Parkir

Keindahan pantainya yang sangat elok, indah nan cantik, sangat memanjakan mata bagi penikmatnya. Dengan keindahan yang ditawarkan Pantai Menganti Kebumen rasanya akan mahal dalam segi harganya bagi pengunjung, tetapi tenyata tidak. Berikut rinciannya:

  • Harga Tiket Masuk = Rp. 15.000/orang
  • Parkir Kendaraan = Gratis
  • Area Camping/Camping Ground = Gratis
  • Aliran Listrik untuk Cas = Gratis
  • Asuransi = Gratis

Dengan merogoh kocek hanya 15 ribuan saja kalian sudah dapat masuk area pantainya, sudah termasuk tiket parkir dan fasilitas menarik lainnya juga gratis. Area pantai menganti dibuka 24 jam nonstop karena terdapat camping ground. Ketika berkunjung kesini disarankan tidak memakai baju hijau, karena terdapat mitos larangan memakai pakaian berwarna hijau.

Lokasi Pantai Menganti

Bagi yang belum tahu Pantai menganti berada dimana? Lokasinya berada di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Sekitar 3-4 jam dari Kota Semarang, 4 Jam dari Cirebon dan 3 jam dari pusat Kota Yogyakarta. Akses/rute jalan menuju pantai ini terbilang cukup ekstrim bagi pemula, dengan adanya tanjakan dan juga turunan. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi para penikmatnya. Berikut ini petanya:


Daya Tarik Pantai Menganti

1. Pasir Putih yang Khas

Di pulau jawa, melihat pantai yang berwarna putih meruapakan hal yang jarang karena para turis hanya mengenal Bali yang terdapat pantai putihnya. Tempat ini juga diselimuti hasil abrasi batu karst/kapur disekitarnya dengan desiran ombak khas laut selatan jawa.

2. Perbukitan Karst/Kapur

Disekitar pantai ini terdapat perbukitan karst yang diselimuti tumbuhan berwarna hijau yang sangat alami. Perbukitan ini dikenal sebagai Bukit Bidadari, karena enak dipandang mata dan terdapat saung untuk bersantai. Adanya tebing-tebing tinggi yang menge[pung laut dengan pasir putihnya sangat terlihat mempesona.

3. Camping Ground

Area kamping disekitar pantai sangat jarang ditemukan. Tetapi tidak dipantai Menganti, ketika bercamping disini akan disuguhkan suasan angin laut yang dingin, perbukitan nan hijau, suara desiran ombak, dan menjelang sore hari akan disuguhkan sunset yang sangat memanjakan mata. Karena lokasinya berbentuk tanjung yang menjorok kelaut membuat pengunjung dengan leluasa menikmati indahnya mtahari terbit ataupun matahari tenggelam.

Penginapan di Sekitar Pantai Menganti

  1. Villa Pantai Menganti
  2. Pantai Suwuk River View Bungalow
  3. OYO 90796 Hotel Mulya Indah
  4. Bungalow Suwuk River View
  5. Ungu Homestay Jatijajar
  6. Pondok Wisata Jati Diri Jatijajar Syariah
  7. Hotel Jatijajar

Galeri Foto Pantai Menganti

Pastinya kalian penasaran seperti apa lokasinya, spot fotonya bagaimana, isntgramable atau tidak. Disini PuasWisata memberikan beberapa foto dipantai ini.

Jembatan merah menganti
Sumber: instagram.com/p/CYBR0VNv67B/
pantai menganti kebumen
Sumber: instagram.com/p/CYTpBY6ptT-/

pantai menganti kebumen
Sumber: instagram.com/p/CYQ2nbKPCSu/

pantai menganti kebumen
Sumber: instagram.com/p/CYXxE1QP7Vh/

Menikmati perjalanan dan bersantai ketika sampai merupakan sebuah kenikmatan tuhan yang diberikan. Dengan diciptanya pantai di pulau Jawa maupun pegunungan yang sangat indah harus disyukuri. Seperti pantai ini, alternatif mengisi waktu ruang bersama keluarga dengan mengunjunginya.
Next Post Previous Post